-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit

    Prasetyo Budi
    Sabtu, Juni 04, 2011, Sabtu, Juni 04, 2011 WIB Last Updated 2016-08-05T04:07:47Z


    masukkan script iklan disini
    Penyakit baru yang berjangkit pada tanaman kelapa sawit adalah Lethal wilt (Marchitez letal), dilaporkan menyerang kelapa sawit di daerah Kolombia bagian timur. Penyebab penyakit ini telah diidentifikasi oleh Alvarez dan Claroz sebagai Phytoplasma dan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut penyakit ini telah dilakukan eradikasi seluas 400 ha tanaman kelapa sawit pada tahun 2002. Di India, sebagai tanaman “tamu”, kelapa sawit juga diserang oleh Phytoplasma penyebab penyakit Kerala wilt dan dilaporkan sebanyak 15.000 pohon kelapa sawit mati karena penyakit ini. Di Indonesia sendiri, khususnya di Kalimantan Tengah telah berjangkit penyakit Kalimantan wilt pada tanaman kelapa yang juga disebabkan oleh Phytoplasma.
    Penyakit Kalimantan wilt ini dikuatirkan akan menyebar dan menyerang tanaman kelapa sawit mengingat kasus yang terjadi pada penyakit Kerala wilt.
    Monitoring dan deteksi penyakit ini terhadap benih kelapa sawit baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri dengan menggunakan metoda “nested” polymerase chain reaction (PCR) telah dilaksanakan, dengan menggunakan dua pasang primer untuk mengamplifikasi ribosomal DNA (rDNA) phytoplasma pada daerah 16S dan 23S. Pasangan primer pertama yang digunakan adalah P1 dan P7 kemudian dilanjutkan dengan pasangan primer R16F2n dan R16R2 atau pasangan primer LY16Sf dan LY16Sr. Dengan metoda ini telah diuji berbagai sampel kelapa sawit dan dapat disimpulkan bahwa hingga kini penyakit Phytoplasma pada kelapa sawit belum diketemukan di Indonesia.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini