-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pupuk Mikro: Kegunaan dan Macamnya

    Prasetyo Budi
    Senin, Juni 27, 2011, Senin, Juni 27, 2011 WIB Last Updated 2016-05-08T09:38:03Z


    masukkan script iklan disini

    Februari 3, 2010 oleh plantus

    Penggunaan pupuk atau nutrisi makro (N, P, K, Ca, Mg dan S) lebih sering dipergunakan bila dibandingkan dengan penggunaan pupuk mikro. Walaupun demikian pupuk mikro mempunyai peranan dalam meningkatkan penampilan tanaman (kualitas daun, hasil panen dan sebagainya).

    Pupuk mikro tersusun dari unsur Besi (Fe), Boron (B), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Seng (Zn) dan Molibdat (Mo), umumnya unsur mikro ini tersedia pada pH tanah antara 5 – 6.

    Besi mempunyai peranan dalam menyusun enzim-enzim pada transport elektron, pembentukan ultrastruktur kloroplas, penyusun enzim-enzim katalase dan peroksidase, dan sebagainya. Boron, mengendalikan transpor gula, pembentukan polisakarida, bagian pembentukan dari dinding sel dan metabolisme senyawa pektat. Mangan berperanan dalam aktifasi beberapa enzim yang berkaitan dengan sintesis asam lemak dan nukleotida serta memainkan peranan dalam respirasi serta fotosintesis. Tembaga, berperanan dalam fotosintesis karena bagian penyusun enzim kloroplas plastosianin dalam sistem transpor electron dan penyusun beberapa enzim oksidase. Seng merupakan penyusun dari enzim penyusun sintesis Triptofan, prekursor (pra zat) dari IAA, bersama tembaga berperanan dalam penyusunan enzim superoksida dismutase (enzim pemecah O2). Molibdat, berperanan dalam “carier” elektron antara tahap teroksidasi dan tereduksi.

    Macam pupuk Mikro:
    Doble mikro
    Growmore Soluble Micro Mix
    Metalik

    Catatan:

    Seringkali tujuan meningkatkan derajat kebasaan dengan menggunakan dolomite (mengandung Ca dan Mg) tidak memperhatikan konsentrasi yang diberikan dapat memberikan dampak ketidak tersediaan unsur mikro bagi tanaman.

    godongijo.com, 01 Oktober 2007
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini