-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Zat Pengatur Tumbuh

    Prasetyo Budi
    Kamis, April 12, 2012, Kamis, April 12, 2012 WIB Last Updated 2012-05-04T16:58:59Z


    masukkan script iklan disini
    Penggunaan ZPT dimulai pada tahun 1932 ketika di temukan ethylene dan acethylene yang dapat meningkatkan pembunggaan pada tanaman Nanas.kemudian pada tahun 1934 ditemukan auxin yang berperan merangsang pertunbuhan akar tanaman.kini penggunaan ZPT dikalangan masyarakatsudah melas,dan berikut ini pembagian ZPT menurut penggunaannya.
    1.AUXIN
    Auxin digunakan pada buah-buahan untuk menambah produk pertanian.Auxin membantu dalam proses perakaran dan meningkatkan pembungaan,mekanisme kerjanya belum di ketahui secara menyeluruh.Diduga Auxin bekerja mengontrol pembesaran sel dengan suatu pelepasan dinding sel sehingga menambah perkuasan dinding sel.Contoh yang tergolong dalam Auxin ini adalah :IAA,2,4 D,MCPB,NAD,Iald,NAA, dan BNOA.2,4 D dengan kosentrasi yang rendah dapat mencegah kerontokan buah,menunda pemasakan,dan pembesar buah jeruk.
    2.GIBBERLLINS
    Gibberllins cara kerjanya adalah merangsang pembelahan sel atau perpanjangan sel.Penggunannya dimulai pada tahun 1957 dalam bidang horticultura.Gibberllins digunakan dalam meningkatka kekuatan cabang da meningkatkan hasil,mematahkan dormasi biji,memperbesar buah,menunda pemasakan buah,di samping itu bisa juga meningkatkan kualitas buah,Contoh gibberllins adalah gibbane dan GA.
    3.CYTOKININS
    Cytokinins berperan dalam pembelahan sel.Hampir semua cytokinins merupakan derivat adenine,cytokinins dikenal pda tahun1955.Contoh dari cytokinins alami adalah Zeatin dan 2iP sedangkan yang buatan adalah BA,PBA,adenine dan Kinetin.
    4.ETHILENE GENERATOR
    Golongan ini merupakan generasi ethylene yang digunakan untuk merangsang perkecambahan dan pertunasan pada tanaman tertentu.pengguguran daun,bunga dan buah,pengatur tumbuh,pemasakan buah dll.
    5.INHIBITORS
    Golongan ini dapat digunakan mencegah pertunasan pada bawang simpanan,ubi dll.serta dapat mencegah pertunasan pada tanaman tembakau dan memperpendek ruas batang.contohnya adalah mepiquat chloride (PIX) yang digunakan pada tanaman kapas untuk menghambat tinggi tanaman.chlormequat chloride dan ancymidol dapat mengurangi panjang buku-buku batang.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini