-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita

    Prasetyo Budi
    Senin, September 10, 2012, Senin, September 10, 2012 WIB Last Updated 2012-09-22T15:25:15Z


    masukkan script iklan disini
    asalamualakum salam sukses selalu buat sahabat potret pertanian yang baik dimanapun berada, semoga kita selalu dalam lindungan Allah yang maha kuasa amin... sahabat setelah lama menghilang dikarenakan kesibukan yag menyita banyak waktu sehingga potret baru sempat membuat posting baru di potret pertanian ini... hehe harap maklum kan pengacara (pengangguran banyak acara). nah inilah postingan pertama potret yang setelah lama absen di dumay, inspirasi ini potret dapat ketika berkunjung diwilayah taman hutan raya Bung Hatta di padang sumatera barat, yang mengingatkan kita betapa pentingnya perana hutan bagi kehidupan manusia yang ada di bumi tercinta ini. ok sahabat potret mari kita simak artikel dibawah ini semoga bermanfaat bagi pelestarian hutan kita untuk menjaga ekosistem alam ini..

    MENGAPA HUTAN DIANGGAP PENTING
    Hutan merupakan tempat tinggal bagi 50% spesies dunia dan mendukung mata pencaharian 90% dari 1,2 miliar penduduk yang hidup dalam kemiskinan. Dengan demikian, hutan mempunyai peran yang jauh lebih penting daripada sekedar menyimpan karbon saja.
    Pencegahan Perubahan Iklim
     Hutan tropis mencakup sekitar 15% dari daratan di dunia dan mengandung lebih banyak karbon daripada atmosfer. Hutan mengatur iklim dan cuaca dan memainkan peran penting dalam siklus air dunia. Namun demikian, hutan mengalami penurunan dengan cepat sehingga mengakibatkan 17% emisi gas rumah kaca global. Hal ini menyebabkan pentingnya pengelolaan hutan untuk pencegahan perubahan iklim.
    Penduduk Asli 
     Secara global, hutan merupakan tempat tinggal bagi 60 juta penduduk asli yang bergantung pada hutan sebagai sumber bahan bakar, makanan, obat-obatan, dan tempat berteduh. Penduduk asli dan mereka yang hidupnya bergantung pada hutan merupakan para pengurus hutan mereka, yang memberikan layanan ekosistem penting bagi umat manusia selebihnya. Perubahan iklim akan berdampak besar bagi penduduk tersebut dan dengan demikian mengurangi penggundulan hutan akan membantu melindungi komunitas tersebut dari dampak iklim. Pengembangan proyek-proyek REDD juga akan memberikan dukungan finansial pengadaan fasilitas-fasilitas yang di butuhkan masyarakat tanpa harus melakukan pembukaan lahan hutan mereka.
    Layanan Ekosistem
     Hutan juga memberikan layanan ekosistem yang penting di luar penyimpanan karbon – seperti memberikan perlindungan pada daerah aliran sungai, mengatur aliran air, daur ulang zat gizi, menghasilkan curah hujan, dan mengatur penyakit. Hutan tua mengumpulkan karbon dioksida dari atmosfer – dengan mempertukarkan emisi karbon. Perlindungan terhadap hutan tropis memberi dampak penyejuk ganda (double-cooling effect) dengan mengurangi emisi karbon dan mempertahankan tingkat penguapan yang tinggi dari kanopi hutan.
    Penggundulan Hutan
    Penggundulan hutan adalah pembukaan lahan hutan melalui proses penebangan, pembukaan dan/atau pembakaran. Penggundulan hutan terjadi karena beberapa alasan, yaitu: kayu dan arang dapat dijual dan digunakan oleh manusia, sementara tanah yang dibuka dapat digunakan untuk perkebunan dan hunian manusia. Pengelolaan wilayah hutan merupakan hak setiap negara dan akan mempengaruhi kehidupan rakyat untuk selamanya. Pertimbangan seksama perlu dilakukan oleh setiap negara untuk memastikan adanya keseimbangan antara manfaat dan ganjaran dalam pembukaan atau pelestarian hutan. Pemusnahan pohon-pohon secara global tanpa melakukan penghijauan kembali secara memadai telah mengakibatkan kerusakan habitat, hilangnya keragaman hayati, dan pemanasan global. Dalam beberapa hal, sisa hutan dunia berada di wilayah-wilayah yang sebagian besar memerlukan pembangunan – sehingga bagaimana kita dapat memastikan bahwa perlindungan terhadap hutan tersebut dapat dilakukan dengan cara yang paling menguntungkan bagi tujuan pembangunan wilayah tersebut berikut penduduknya.
                 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini