-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Membuat Telur Asin Herbal

    Prasetyo Budi
    Selasa, Agustus 16, 2016, Selasa, Agustus 16, 2016 WIB Last Updated 2016-08-16T14:22:58Z


    masukkan script iklan disini

    Potret Pertanian – Untuk Membuat Telur Asin Herbal hal pertama yang harus kita lakukan yaitu pemilihan telur bebek yang baik, untuk menghasilkan telur asin yang berkualitas, tentu membutuhkan bahan baku berkualitas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih telur bebek/itik yang baik untuk membuat telur asin :

    Pilih telur bebek yang baru ditelurkan, paling lambat 4 hari setelah ditelurkan, karena bila lewat 4 hari setelah ditelurkan sudah tidak baik lagi.

    • Pilih telur yang memiliki kulit telur yang bersih dab berwarna mulus.
    • Jika diteropong sambil digerak-gerakkan akan tampak kuningtelur didalamnya.
    • Bila terlihat jernih, rongga kantung udara kecil, kuning telur terletak ditengah dan tidak ternoda, itu artinya telur tersebuty baik untuk digunakan.namun jika kuning telur bergeser, putih telurnya encer, dan terdapat noda warna tua didalam kuning telur, hal tersebut menandakan telur itu telah rusak.
    • Telur bebek yang baik adalah jika direndam kedalam air, telur akan tenggelam, sedangkan telur yang kurang baik telur tersebut akan terapung.

    Bahan-bahan untuk membuat telur asin herbal

    1. Tanah merah atau tumbukan batu bata merah
    2. Garam
    3. Gula merah
    4. Daun salam
    5. Teh  hijau
    6. Kayu secang
    7. Daun jambu batu
    8. Ginseng
    9. Akar alang – alang
    10. Daun dewa

    Sedangkan untuk peralatan yang perlu dipersiapkan adalah panic besar untuk merebus, peti kayu atau plastic polybeg besar untuk tempat mengasinkan telur.
    Proses Pembuatan Telur Asin Herbal
    Pertama telur dicuci hingga bersih dari kotoran dengan air mengalir. Langkah selanjutnya adalah membuat racikan herbal denga cara merebus bahan bahan berikut :

    1. 10 lembar daun salam
    2. 2 sendok the hijau
    3. ½ ons akar ilalang
    4. ½ ons kayu secang
    5. 10 lembar daun jambu batu
    6. 1 lembar daun dewa
    7. 3 liter air
    8. Serta beberapa tabaman lainya.

    Takaran diatas bias digunakan untuk 100 butir telur  bebek. Rebus racikan herbal sebanyak satu liter. Setelah itu, air herbal hasil rebusan dicampur dengan:

    1. 1 kg tanah merah atau tumbukan batu bata merah
    2. 1 kg garam
    3. ½ gula merah.

    Lalu kemudian masak sampai mendidih. Setelah mendidih diamkan adonan tersebut hingga dingin, setelah dingin adonan tersebut lulurkan keseluruh telur bebek hingga merata.
    Telur asin yang sudah dilulurkan, diletakkan pada peti kayu ditutup dengan plastic polybag besar selama 15 hari. Setelah 15 hari, bersihkan telur telur tersebut dari adonan hingga bersih, lalu rebus selama beberapa menit hingga matang.

    Dengan proses tersebut, dapat menghasilkan telur asin dengan mutu yang baik, warna telur yang lebih menarik, serta cita rasa yang lebih enak, dan berkurangnya kandungan kolesterol. Herus diperhatikan dalam pembuatan telur asin herbal ini salah satunya adalah mencuci telur. Jika tidak dicuci dengan bersih maka biasanya kotoran dapat mempengaruhi rasa telur , begitu juga bila takaran herbal tidak sesuai, maka rasa dan kasiatnya telur asin herbal rasa udang akan terpengaruh sehingga tidak sesuai dengan yang diinginkan.

    Nah demikian Cara Membuat Telur Asin Herbal semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya…! Salam sukses elalu dari potret pertanian.

    Potret Pertanian
    Baca Juga :
    Telur Asin Rasa Udang Pasiran Jaya
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini