-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pentingnya Peran Kultur Jaringan Dalam Dunia Pertanian

    Prasetyo Budi
    Jumat, Agustus 19, 2016, Jumat, Agustus 19, 2016 WIB Last Updated 2016-08-19T08:24:33Z


    masukkan script iklan disini
    Sumber Gambar www.ebiologi.com
    Potret Pertanian - Dengan menggunakan teknik kultur jaringan, tanaman dapat ditanam di media tanaman yang sama. Hal tersebut dikarenakan jaringan dari tanaman yang telah dikembangkan berasal dari lingkungan yang steril sehingga tidak menutup kemungkinan jika tanaman dapat tumbuh sesuai dengan lingkungan yang telah diseting atau dipersiapkan sesuai dengan jenis atau ciri dari tanaman tersebut. Kondisi medan tanam dapat dipertahankan sepanjang tahun tanpa takut dan khawatir adanya perubahan cuaca dan iklim.

    Rekomendasi :


    Peningkatan Permintaan untuk Produk Pertanian

    Kultur jaringan berasal dari gagasan bahwa prosedur diversifikasi sukses di bidang pertanian tergantung pada penciptaan produk-produk berkualitas. Banyak industri dan sektor sosial menuntut lebih dan lebih untuk produk pertanian. Secara khusus, karena kenaikan populasi, pasar seperti hotel dan pariwisata, masyarakat lokal dan negara-negara lain telah meningkatnya kebutuhan. Pest control, Penambahan proses pemupukan dan praktek pertanian lainnya tidak cukup untuk membangun ekonomi keberlanjutan di banyak produk pertanian. Di sinilah pentingnya masuk bahan tanam berkualitas, dan kultur jaringan bertujuan untuk memproduksi bahan-bahan yang lebih murah. Kualitas produk yang kultur jaringan telah dihasilkan selama bertahun-tahun telah ideal untuk produksi massal. Pada dasarnya, ada dua alasan mengapa kultur jaringan bermanfaat dalam perbanyakan massal dan produksi pertanian secara keseluruhan: mengembangkan bahan tanaman pertahanan yang lebih kuat terhadap penyakit dan produksi sepanjang tahun.

    Definisi Kultur Jaringan

    Kultur jaringan mengacu pada teknik yang memisahkan sel-sel, atau jaringan pertumbuhan, suatu organisme dari tubuh yang sebenarnya. Sel-sel atau jaringan pertumbuhan kemudian ditempatkan dalam lingkungan yang steril di mana nutrisi yang disediakan dan dikendalikan. Kultur jaringan di bidang pertanian membantu untuk mengontrol dan menyesuaikan karakteristik dari bahan tanaman.

    Pertahanan kuat Tanaman Kultur Jaringan

    Kultur jaringan meningkatkan “sistem kekebalan” tanaman. Hal ini sangat membantu dalam biaya produksi dan dalam jumlah waktu kerja dihabiskan untuk menanam tanaman yang berbeda. Setiap tahun, petani menghabiskan banyak waktu merawat benih yang tidak produktif. Mereka harus terus-menerus memotong dan tanaman gratifikasi untuk memastikan bahwa mereka akan tumbuh sesuai. Demikian pula, banyak tanaman muda mati karena infeksi jamur dan bakteri. Dalam beberapa kasus, virus juga dapat mempengaruhi produktivitas tanaman. Bahan tanaman dari kultur jaringan memiliki sifat tahan penyakit. Selain dari ini, kultur jaringan juga dapat memproduksi bahan yang memiliki sistem akar yang baik ideal untuk penyerapan nutrisi.

    Produksi Sepanjang tahun Tanaman Kultur Jaringan

    Selain memproduksi tanaman bebas penyakit, kultur jaringan juga dapat menumbuhkan bahan tanaman yang dapat ditanam di kebun atau lahan yang sama. Karena jaringan tanaman budidaya dikembangkan dari lingkungan steril, itu juga mungkin untuk tumbuh mereka dalam setup laboratorium. Kondisi di laboratorium dapat dikendalikan agar sesuai dengan kebutuhan bahan tanaman. Kondisi ini dapat dipertahankan sepanjang tahun, tanpa harus khawatir tentang perubahan iklim dan cuaca.

    Manfaat lain Tanaman Kultur Jaringan

    Sangat mudah untuk “duplikat” bahan tanaman dari satu tanaman ke yang lain. Tidak seperti metode konvensional, kultur jaringan dapat dengan mudah mengambil sel atau jaringan pertumbuhan dari pohon induk jika ingin menuntut tanaman yang bersifat lebih. Hal ini bermanfaat dalam tanaman yang perlu untuk menghasilkan benih terlebih dahulu sebelum mereka dapat berkembang biak.

    Demikian sekilas tentang Pentingnya Peran Kultur Jaringan Dalam Dunia Pertanian, semoga dapat bermanfat dan menambah wawasan kita dibidang pertanian,oksalam sukses selalu dari Potret Pertanian.

    Baca Juga :
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini