-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain)

    Prasetyo Budi
    Selasa, Agustus 30, 2016, Selasa, Agustus 30, 2016 WIB Last Updated 2016-08-30T13:41:34Z


    masukkan script iklan disini

    Potret Pertanian - Ebb and Flow System atau disebut juga Flood and Drain System atau Sistem Pasang Surut merupakan salah satu sistem hidroponik dengan prinsip kerja yang cukup unik. Dalam sistem hidroponik ini, tanaman mendapatkan air, oksigen, dan nutrisi melalui pemompaan dari bak penampung yang dipompakan ke media yang nantinya akan dapat membasahi akar (pasang). Selang beberapa waktu air bersama dengan nutrisi akan turun kembali menuju bak penampungan (surut). Waktu pasang dan surut dapat diatur menggunakan timer sesuai kebutuhan tanaman sehingga tanaman tidak akan tergenang atau kekurangan air.

    Sistem seperti ini umumnya dilakukan dengan pompa air yang dibenamkan dalam larutan nutrisi (submerged pump) yang dihubungkan dengan timer (pengatur waktu). Ketika timer menghidupkan pompa, larutan nutrisi akan dipompa ke grow tray (keranjang/tempat/pot tanaman). Ketika timer mematikan pompa air, larutan nutrisi akan mengalir kembali ke bak penampungan. Timer diatur dapat hidup beberapa kali dalam sehari, tergantung ukuran dan tipe tanaman, suhu, kelembaban, dan tipe media pertumbuhan yang digunakan. Sistem hidroponik ini dapat digunakan untuk beberapa media pertumbuhan. Media yang dapat menyimpan air cukup baik untuk sistem hidroponik ini seperti rockwool, vermiculite, coconut fiber.

    Kelebihan sistem hidroponik Ebb and Flow / Flood and Drain / pasang surut:
    • Tanaman mendapat suplai air, oksigen, dan nutrisi secara periodik
    • Suplai oksigen lebih baik karena terbawa air pasang dan surut
    • Mempermudah perawatan karena tidak perlu melakukan penyiraman
    Kekurangan sistem hidroponik Ebb and Flow / Flood and Drain / pasang surut:
    • Biaya pembuatan cukup mahal
    • Tergantung pada listrik
    • Kualitas nutrisi yang sudah dipompakan berkali-kali tidak sebaik awalnya
    Demikian sedikit  Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain) semoga dapat menjadi manfaat dan bagi yang ingin mencoba monggo dicoba dan semoga sukses. sekian dulu untuk artikel lainya tentang hidroponik silahkan baca artikel berikut , Aquaponik - Hidroponik, Cara Budidaya Dengan Sistem Aeroponik dan Budidaya Hidroponik Sistem Wick

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini