-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    CARA ALAMI MENGUSIR HAMA TANAMAN PALING AMPUH

    Prasetyo Budi
    Sabtu, Oktober 01, 2016, Sabtu, Oktober 01, 2016 WIB Last Updated 2016-10-01T06:25:59Z


    masukkan script iklan disini
    Potret Pertanian - Sahabat potret pertanian diamanpun berada, hama adalah musuh abadi para petani dalam membudidayakan tanaman pangan maupun tanaman hortikultura, dimana ada tanaman disana ada hama, nah apasih yang disebut dengan hama, hama adalah organisme pengganggu tanaman yang sering disebut sebagai OPT, opt bisa berupa makluk hidup baik berbentuk mikro atau makro, kasat mata atau atau yang kasat mata, tapi yang disebut kasad mata bukan lah setan atau iblis, yang dimaksutkan kasat mata adalah Organisme pengganggu tanaman yang tidak bisa dilihat menggunakan mata telanjang, untuk melihat OPT tersbut harus menggunakan bantuan Microscop. Manusia juga bisa disebagai hama, jika manusia tersebut mengganggu tanaman yang dibudidayakan, Nah Lo kapok disebut hama bagi yang suka merusak tanaman. Xi xi xi xi…
    Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan atau memberantas hama pada tanaman, seperti penanggulangan hama menggunakan pestisida atau bahan kimia yang saat ini banyak beredar di daerah-daerah diseluruh pelosok. Tapi penggunaan bahan kimia akan membuat residu dan resisten terhadap Opt tersebut. Dengan demikian kita harus bijak dalam menggunakan pestisida untuk menanggulangi serangan Opt dilahan pertanian kita.
    Kali saya akan berbagi Cara Alami Mengusir Hama Tanaman Paling Ampuh, Untuk cara ini tidak perlu mengeluarkan biaya dan praktis tidak ribet alias gampang cara melakukan cara mengendalikan hama tanaman secara alami.
    Cara ini telah dilakukan dari dahulu sejak nenek moyang kita dan masih banyak digunakan didaerah-daerah seperti didaerah saya pada tanaman padi cabe dan kedelai. Untuk mengusir jenis hama kutu daun, walang sangit, trip tungau dan lain sebagainya. Berikut cara-cara alami mengusir hama pada tanaman.
    Jenis hama kutu-kutuan, termasuk kutu daun, trips Tungau dan walang sangit adalah jenis hama yang takut dengan keberadaan cahaya, makanya kutu daun dalam penyeranganya mulai dari bawah daun. Dengan penggunaan Mulsa Plastik Hitam perak yang akan memantulkan cahaya akan mengurangi serangan hama tersebut. Selain takut pada cahaya jenis hama diatas takut terhadap Asap, Gak Percaya.!? Boleh dicoba, ambil bunga cabe yang terserang trip lalu tiupkan asap, jika anda seorang perokok gunakan asap rokok dan tiupkan kedalam kelopak bunga, maka akan muncul dari dalam bunga tersebut hama trips tersebut.
    Dengan demikian kita akan gunakan asap untuk mengusir hama tersebut dengan melakukan pengasapan pada lahan pertanian kita,  kita bisa menggunakan alat Fogging yang sering digunakan untuk mengusir nyamuk. Pada dasarnya alat ini memang sangat penting kegunaannya, khususnya pada musim nyamuk. Tapi karena harganya yang cukup mahal dan kegunaannya juga hanya diwaktu tertentu saja, seringkali masyarakat tidak pernah berfikir untuk memilikinya. Tapi alat ini akan berguna untuk mengendalikan hama pada tanaman. Tips membuat Alat Fogging Sendiri
    Sumber gambar https://zhoeras.wordpress.com/
    Cara yang kedua dengan menumpuk rumput kering dan basah ditepian ladang dan agak jauhkan dari tanaman, lalu bakar tumpukan rumput tersebut dan usahakan terjadi pengasapan yang banyak, ingat arah angin, jika angin datang dari barat mengarah ketimur buatlah tempat pembakaran berada di sebelah barat mengikuti arah angin.
    Nah dengan kedua cara tersebut dijamin hama jenis walang sangit serta kutu-kutuan akan minggat dari lahan pertanian kita, setelah itu lakukan sesering mungkin pada sore hari dimana hama akan sedang aktif menyerang tanaman yang kita budidayakan. semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini