-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt)

    Prasetyo Budi
    Sabtu, Oktober 01, 2016, Sabtu, Oktober 01, 2016 WIB Last Updated 2016-10-01T04:24:41Z


    masukkan script iklan disini
    Potret Pertanian - Syarat Tumbuh sebuah tanaman akan ditentukan oleh beberapa faktor yang mendukung tanaman tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, yang selanjutnya akan berproduksi dengan maksimal sesuai dimana tempat yang cocok untuk subuah tanaman. seperti hal nya jagung manis ini yang harus didukung oleh beberapa faktor untuk dapat berkembang dengan baik, berikut Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Manis.

    1.    Iklim
    Jagung manis sebagai tanaman daerah tropis dapat tumbuh subur dan memberikan hasil yang tinggi apabila tanaman dan pemeliharaanya dilakukan dengan baik. Agar tumbuh dengan baik, tanaman jagung memerlukan temperatur rata-rata antara 14 - 30º C. Pada daerah yang ketinggianya sekitar 2200 m di atas permukaan laut, dengan curah hujan sekitar 100 – 600 mm per tahun yang terdistribusi rata selama musim tanam (Kartasapoetra, 1999).
     
    Perkembangan dan pembungaan tanaman jagung manis dipengaruhi oleh panjang hari dan suhu, pada hari pendek tanaman lebih cepat berbunga. Banyak kultivar tropika jagung tidak akan berbunga diwilayah iklim sedang sampai panjang hari berkurang hingga kurang dari 13 atau 12 jam. Pada hari panjang, tipe tropika ini tetap vegetative dan kadang-kadang dapat mencapai ketinggian tumbuh 1 -3 m sebelum tumbuh bunga jantan. Namun pada hari yang sangat pendek (8 jam) dan suhu kurang dari 20º C juga menunda pembungaan. Ketika di tanam pada kondisi hari pendek pada daerha iklim sedang kultivar tropika cendrung berbunga lebih awal (Sutedjo, 2002).
     
    2.    Keadaan Tanah
    Jagung manis tumbuh baik pada tanah dengan pH antara 6,5 sampai 7,0, tetapi masih cukup toleran pada tanah dengan tingkat kemasaman yang relatif tinggi, dan dapat beradaptasi pada keracunan Al (Hasibuan, 2006). Tanah yang sesuai adalah tanah dengan struktur remah, karena tanah tersebut bersifat porous sehingga memudahkan perakaran pada tanaman jagung. Jagung dapat tumbuh pada berbagai jenis macam tanah. Tanah lempung berdebu adalah tanah yang paling baik bagi pertumbuhanya. Tipe tanah liat masih dapat ditanami jagung manis, tetapi dengan pengerjaan tanah lebih sering selama pertumbuhanya, sehingga aerase dalam tanah berlangsung dengan baik. Air tanah yang berlebihan dibuang melalui saluran pengairan yang dibuat diantara barisan tanaman jagung (Sutanto, 2002).
        
    Jagung manis umumnya ditanam di dataran rendah, di lahan sawah tadah hujan maupun sawah irigasi. Tetapi terdapat juga di daerah tinggi pada ketinggian 1000 – 1800 m di atas permukaan laut. Tanah dengan kemiringan sampai 8% masih dapat ditanami jagung manis dengan arah barisan tegak lurus terhadap miringnya tanah, dengan maksud untuk mencegah erosi yang terjadi pada waktu turun hujan besar (Rukmana, 2007)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini