-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Mengetahui Jenis Kelamin Itik Master

    Prasetyo Budi
    Sabtu, November 26, 2016, Sabtu, November 26, 2016 WIB Last Updated 2016-11-25T18:02:05Z


    masukkan script iklan disini
    Potret Pertanian - Itik MASTER adalah hasil persilangan Mojosari (Jantan) dan Alabio (betina). Penelitian yang dilakukan di Balai Penelitian Ternak (Balitnak) ini diarahkan pada evaluasi kemampuan produksi berbagai jenis itik lokal.

    Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas itik lokal sekaligus menghasilkan bibit itik yang mempunyai kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan.
    Itik MASTER diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan dan berpotensi sebagai bibit niaga penghasil telur dengan sistem terkurung.

    Keunggulan itik ini, memiliki rataan produksi telur per tahun 265 butir. Puncak produksi telur 94%, 10 – 15% lebih tinggi. 
    Umur pertama bertelur yakni 18 minggu atau 4,5 bulan, 1 bulan lebih awal. Sedangkan masa produksi telur 10 – 12 bulan/siklus, tanpa rontok bulu. Rasio pengunaan pakan (FCR) 3,2  dan tingkat kematian sangat rendah <1 p="">
    Pertumbuhan anak itik jantan lebih cepat sehingga cocok untuk penggemukan sebagai itik potong ukuran sedang.

    Warna bulu spesifik dan sangat seragam sedangkan warna kulit telur seragam hijau kebiruan.
    Itik MASTER ini juga memiliki keunikan yakni jenis kelaminnya dapat diketahui sesaat setelah menetas berdasarkan warna bulu. Itik jantan berwarna lebih gelap.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini