-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Di Tempatku Ini Disebut Cabe Iblis

    Prasetyo Budi
    Kamis, Desember 01, 2016, Kamis, Desember 01, 2016 WIB Last Updated 2016-12-01T16:39:59Z


    masukkan script iklan disini
    Potret Pertanian -Cabe Rawit atau biasa disebut dengan Cabe kutu, mungkin karena jenis cabe ini tergolong kecil makanya disebut Cabe Kutu, tapi sebenarnya agak aneh sih menurut saya, padahal kan yang namanya kutu itu kan kecil banget, padahal cabe rawit kan gak kecil-kecil kali, kok disebut cabe kutu. hem... menurut kamu gimana tuh,?!

    Cabe yang satu ini memang mempunyai nama yang banyak sekali dibandingkan denga cabe yang lainya, atau jenis tanaman sayur yang lain, miaslkan tomat, di indonesia namanya hampir sama atau beda-beda tipis misalkan di Padang menyebutnya dengan Tomek, Nah tukan gak jauh kan bedanya dengan Tomat. tapi tidak dengan cabe Rawit dia mempunyai sebutan yang banyak, ok yuk kita simak ulasan berikut.

    kita mulai dari bahasa inggris, Cabe Rawit oleh Orang inggris disebut dengan Cayenne pepper,tapi jangan nanya ya kenapa disana disebut Cayenne pepper, Ok.

    Oleh Orang Jawa cabe rawit ini sebagian ada yang menyebut dengan Cabe Belis, kenapa Cabe belis, sebenarnya bukan cabe Belis tapi Cabe Iblis, ketika itu pada masa penjajaha belanda ada seorang ibu-ibu yang umurnya sudah lebih separo abad memasak menggunakan cabe rawit, dan setelah makan ibu tersebut ditanya oleh tetangganya karena melihat ibu tersebut duduk didepan rumahnya dengan muka yang merah mta yang merah seperti orang yang lagi marah besar, tapi sambil ngiler alias mengeluarkan air liur dari sela-sela bibirnya, ketika ditanya tetangganya tersebut ibu itu menjawab bahwa dia habis makan dengan sambal cabe Belis atau dalam Bahasa Jawa Lombok belis, karena yang menyebunta sambil ngiler jadi terdengar sedikit pelo, yang dimaksusdkan ibu tersebut adalah Lombok Iblis bukan lombok belis.( Cabe Iblis ). 

    Kenapa kok disebut Cabe Iblis,! Cabe rawit memang mempunyai rasa yang sangat pedas dibanding dengan cabe yang lain, yang ketika dimakan akan menimbulkan rasa pedas yang luarbiasa, yang akan membuat siapa saja yang memakanya akan keluar keringat akibat menahan rasa pedas yang kepedasannya mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville., dan keesokan harinya juga akan terasa panas saat BAB. Mungkin berdasarkan itu pula cabe rawit ditempat saya disebut dengan Cabe Iblis.

    Dalam bahasa sunda Cabe Rawit juga disebut Cabe Cengek, sebagian di jawa disebut juga cabe Cengar, kenapa disebut cabe Cengar Mungkin saja diambil ketika habis makan cabe ini kita akan Cengar- cengir menahan pedasnya cabe tersebut.

    Dalam Bahasa minang Cabe Rawit disebut juga dengan Cabe Kutu, ya mungkin karena bentuknya yang kecil mungil seperti kutu jadi supaya gampang  mengingatnya makanya disebut cabe kutu, supaya lebih jelasnya tentang Cabe Rawit ini yuk kita simak ulasan berikut.

    Cabai rawit atau cabai kathur, adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Di Malaysia dan Singapura ia dinamakan cili padi, di Filipina siling labuyo, dan di Thailand phrik khi nu. Di Kerala, India, terdapat masakan tradisional yang menggunakan cabai rawit dan dinamakan kanthari mulagu. Dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan nama Thai pepper atau bird's eye chili pepper.

    Buah cabai rawit berubah warnanya dari hijau menjadi merah saat matang. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada varietas cabai lainnya, ia dianggap cukup pedas karena kepedasannya mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville. Cabai rawit biasa di jual di pasar-pasar bersama dengan varitas cabai lainnya.

    Kecil- Kecil Cabe Rawit yang dalam bahasa malaysianya adalah kecil-kecil cili padiBagaimana sahabat Potret Pertanian semua silahkan tambahkan dikomentar tentang sebutan Cabe Rawit ini didaerah anda, Ok salam sukses dan terimakasih telah berkunjung.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini