-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pengendalian Lalat Buah Pada Tanaman Gambas

    Prasetyo Budi
    Rabu, Januari 11, 2017, Rabu, Januari 11, 2017 WIB Last Updated 2017-01-11T05:13:32Z


    masukkan script iklan disini
    Potret Pertanian - Pengendalian Lalat Buah Pada Tanaman Gambas Tanaman gambas juga tidak luput dari gangguan OPT (organisme pengganggu tanaman). Beberapa jenis hama yang banyak dijumpai pada tanaman gambas antara lain oteng-oteng, penggorok daun, ulat grayak, ulat tanah, bekicot, jangkrik dan lalat buah. kemungkinan terjadinya serangan hama dan penyakit yang merugikan dan mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas hasil pertanian yang sedang kita budidayakan, Berbagai kendala diantaranya adalah adanya serangan hama dan Penyakit, seperti kali ini yang akan kita bahas sekilas tentang Pengendalian Lalat Buah Pada Tanaman Gambas.

    Pada tanaman Gambas yang biasa disebut Pitulo di daerah Padang sumatera barat, seperti yang terjadi pada salah satu sahabat Potret Pertanian Yang mempunyai akun Fecebook Iman Bae seorang pemuda asal pariaman yang saat ini sedang bergelut di fakultas hukum Universitas Tamansiswa Padang diselasela kesibukanya sebagai mahasiswa yang beliau manfaatkan untuk bertani yang sudah menjadi hobinya dari masa kecil dulu, aku beliau saat berkomentar dalam medsos terkenal besutan mag dari america yaitu Facebook.

    Ada bebrapa gambar yang sempat saya ambil di Fb beliau dan selanjutnya menjadi bahan artikel ini, sesuai dengan apa yang mas iman tanyakan tentang keadaan buah pitulo atau gambas yang dia budidayakan mengalami busuk buah yang disebabkan oleh lalat buah (Dacus Cucurbita Coq), Ok tidak panjang kali lebar langsung saja kita semimak ulasan sedikit dibawah ini semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke Potret Pertanian.
     
    Lalat Buah (Dacus Cucurbita Coq)

    Gejala serangan:

        Daging buah berlubang kecil, busuk dan berulat
        Buah berguguran sebelum waktunya.

    Pengendalian:

    Nonkimiawi: Menjaga kebersihan kebun dari sisa-sisa tanaman, mengatur pergiliran (rotasi) tanaman, memusnahkan inang hama.

    Kimiawi: Memasang perangkap berbahan aktif Metyleugenol, misalnya Petrogenol, atau dengan menyemprotkan insektisida dengan berbahan aktif Propenofos atau Asefat, karena dalam pengendalian lalat buah ini sedikit agak susah, hama ini akan terbang menjauh saat disemprot dengan pestisida dan akan datang kembali saat selesai menyemprot, oleh sebab itu direkomendasikan penyemprotan menggunakan bahan pestisida dengan yang sudah saya sebut diatas.

    Insektisida dengan berbahan aktif Propenopos dan Asefat mempunyai bau yang sangat menyengat dan akan sedikit ber.tahan lama bau yang ditimbulkan pestisida tersebut, sehingga setelah menyemprot lalat buah tersebut taakan kembali lagi karena bau pestisida tersebut masih melekat di tanaman. sehingga dia akan berpindah ketempat yang lain.

    OK sedikit tips Pengendalian Lalat Buah Pada Tanaman Gambas semoga saja bermanfaat dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini