-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Ampuh Menanam Jagung Manis

    Prasetyo Budi
    Sabtu, Maret 17, 2018, Sabtu, Maret 17, 2018 WIB Last Updated 2018-03-17T02:30:02Z


    masukkan script iklan disini
    POTRET PERTANIAN -Jagung manis adalah salah satu jenis dari produk GMO (Genetic Modification Organism) yang juga merupakan jenis jagung hibrida dengan keunggulan tertentu. Keunggulan jagung manis adalah teksturnya yang lembut, bijinya yang seragam, dan rasanya yang lebih manis dari jagung biasanya.

    Sebagai produk hibrida, tentu saja akan memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku agar memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan Anda bila melakukan budidaya jagung manis.

    Sebelum Anda melakukan budidaya jagung manis, sangat disarankan Anda mencari pasar utama yang akan menampung produk Anda. Karena pasar atau pembeli akan menentukan cara tanam yang dilakukan hingga memperoleh hasil yang baik. Hasil yang baik bukan hanya dinilai dari kualitas hasil panen, namun juga dari kuantitas yang ada.

    Berikut ini beberapa pembeli potensial yang bisa Anda jaring sesuai dengan hasil panen Anda.
    Jagung untuk konsumsi pasar lokal dan regional

    Kebutuhan pasar local, biasanya terbatas pada jagung konsumsi dimana dibutuhkan jagung yang memiliki bentuk yang seragam, serta rendemen atau bulir muda yang penuh. Kebutuhan ini biasanya digunakan untuk konsumsi langsung, seperti pedagang sayur, jagung rebus, jagung bakar dan lainnya.

    Selain itu, juga dibutuhkan jagung muda (baby corn) untuk masak tumis, dan keperluan masak lainnya.

    Untuk pasar ini, Anda bisa menggunakan pola tanam standar yang biasa Anda lakukan, namun melakukan panen secara bertahap.

    Dalam budidaya jagung manis, pada label bibit biasanya akan tertulis jenis jagung yang memiliki dua tongkol. Namun pada kenyataannya seringkali terjadi di lapangan adalah munculnya tongkol ketiga dalam satu batang. Anda bisa memanen tongkol ketiga untuk memenuhi pasar babycorn di wilayah Anda.

    Panen tongkol yang ketiga dalam budidaya jagung manis akan memberikan keuntungan dengan adanya pemasukan sebelum panen utama.

    Selain itu, panen tongkol ketiga juga akan membuat tongkol jagung pertama dan kedua tumbuh lebih baik dengan bulir penuh karena asupan nutrisi untuk tanaman akan hanya digunakan oleh dua tongkol saja. Jagung yang memiliki postur dan tekstur yang seragam dan penuh tentu akan memiliki harga jual yang baik.

    Jagung untuk memenuhi permintaan pabrik
    Pabrik yang membutuhkan pasokan jagung biasanya adalah pabrik mie, pabrik maizena, dan pabrik gula jagung. Apabila ada permintaan dari pabrik, sebaiknya perhatikan keinginan pabrik secara spesifik, apakah pabrik menginginkan jagung local atau jagung manis hibrida.

    Bila jagung manis yang diinginkan, biasanya pihak pembeli akan meminta jagung dengan kuantitas tertentu tanpa harus memiliki bentuk yang seragam dan menarik karena akan digiling.

    Untuk keperluan tersebut, dalam budidaya jagung manis, Anda tidak perlu memanen tongkol jagung ketiga yang tumbuh. Meskipun biasanya jagung akan tumbuh tidak sempurna, seperti ompong dan dengan ukuran yang tidak maksimal, namun akan memiliki kuota berat yang lebih baik.

    Anda juga harus meminta spesifikasi yang diinginkan oleh pabrik agar Anda bisa melakukan panen tepat waktu dan memperoleh hasil yang optimal.

    Untuk menjadi perhatian Anda, pada budidaya jagung manis, tidak hanya diperlukan bentuk dan ukuran yang baik. Rasa manis dari jagung itu sendiri juga akan menentukan kualitas dan harga jagung yang Anda produksi di areal pertanian Anda. Rasa manis yang timbul biasanya dipengaruhi oleh pupuk yang digunakan.
    Oleh karena itu, Anda harus waspada dan mengikuti petunjuk penggunaan pupuk seperti yang tertera pada label yang ada pada kemasan benih jagung manis hibrida

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini