-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    MEMBUAT MOL ( MIKRO ORGANISME LOKAL ) REBUNG BAMBU

    Prasetyo Budi
    Selasa, Mei 20, 2014, Selasa, Mei 20, 2014 WIB Last Updated 2015-12-17T15:42:09Z


    masukkan script iklan disini
    Salam Potret Pertanian !! Jumpa lagi dengan sekarang saya akan memosting tentang cara membuat dan manfaat MOL rebung bambu. Seperti kita ketahui yang namanya bambu biasanya dimanapun akan tumbuh subur, termasuk didaerah tanah yang tandus sekalipun. Dan yang lebih hebat, tanaman bambu akan mengubah tanah yang tadinya tandus menjadi subur. Oleh karena itu tanah-tanah disekitar perakaran pohon bambu biasa digunakan untuk media pembibitan.

    Bukan hanya itu saja, bambu juga mampu tumbuh begitu cepat walaupun tanpa pupuk sama sekali. Oleh karena itu kita akan mencoba memanfaatkan tanaman bambu muda (rebung) untuk kita jadikan MOL. Menurut beberapa informasi yang maspary peroleh, MOL rebung bambu mempunyai kandungan C organik dan giberellin yang tinggi sehingga mampu merangsang pertumbuhan tanaman secara cepat. Selain itu MOL rebung bambu juga mengandung mikroorganisme yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan tanaman yaitu Azotobacter dan Azospirillium.
    Kalau dilihat dari kandungannya tersebut MOL rebung bambu bisa kita gunakan sebagai perangsang pertumbuhan padi saat fase vegetatif (tanaman muda) umur kurang dari 35 hst. Selain itu MOL rebung bambu juga sangat bagus digunakan untuk pengomposan.

    Cara Membuat MOL Rebung Bambu
    Bahan:
    1 Kg rebung bambu
    Air cucian beras 2,5 - 3 liter
    1 butir buah maja
    Gula merah  1 - 2 ons

    Cara membuat :
    Rebung bambu diiris tipis-tipis atau ditumbuk juga boleh
    Masukkan rebung bambu yang telah dihaluskan ke dalam jerigen
    Masukkan daging buah maja yang telah dihaluskan
    Masukkan gula merah
    Masukkan air cucian beras
    Tutup rapat jerigen tersebut, dan kocok-kocok hingga tercampur
    Buka sebentar tutup jerigen tiap pagi sekali agar gas dalam jerigen bisa keluar.
    Setelah 15 hari siap digunakan

    Cara penggunaan :
    Untuk pengomposan, campur larutan mol dan air dengan perbandingan 1 : 5 (1 liter MOL dicampur dengan air bersih 5 liter). Siram atau semprotkan ke bahan pupuk kompos/ pupuk kandang yang akan dikomposkan.
    Untuk pemupukan tanaman, campurkan 1 bagian MOL rebung bambu dengan air bersih 15 bagian. Semprotkan atau kocorkan pada tanaman.

    Semoga sedikit informasi di Gerbang Pertanian tersebut bisa bermanfaat bagi para petani Indonesia. Ya, bisa untuk menghemat penggunaan pupuk kan. Gak ada salahnya kalau kita coba dan kita kembangkan ke teman sesama petani untuk meningkatkan kemandirian para petrani.

    sumber
    potret pertanian
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini