-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Mudah dan Praktis Menbuat Fermentasi Pakan Ternak Kambing Atau Sapi

    Prasetyo Budi
    Rabu, November 23, 2016, Rabu, November 23, 2016 WIB Last Updated 2016-11-22T17:17:22Z


    masukkan script iklan disini
    Potret Pertanian - Proses fermentasi pakan penggemukan sapi saat ini menjadi fenomenal karena memberikan kebaikan yang dirasakan oleh peternak. Mungkin banyak sebagaian masyarakat yang mengenal fermentasi tersebut sebagai proses pembuatan minuman suplemen saja. Ternyata tidak, proses fermentasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk alternatif pembuatan pakan ternak yang berkualitas tinggi. Disamping pembuatan yang sangat sederhana, pembuatan pakan dengan cara fermentasi ini juga menghemat waktu dan biaya.

    Rumput kering atau rumput yang sudah tua, biasanya baik rumput gajah dan rumput lapangan yang sudah tua kurang disukai oleh ternak sapi, biasanya rumput yang tua dibuang oleh peternak sapi, alangkah baiknya jika difermentasikan dan disimpan, jadi saat musim kemarau para peternak tidak kesulitan dalam memperoleh pakan.

    Nah Berikut Cara Mudah dan Praktis Menbuat Fermentasi Pakan Ternak Kambing Atau Sapi yang akan saya bagikan kepada sahabat Potret Pertanian semoga bermanfaat baut kita semua, ok langsung saja kita ke TKP.

    Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat fermentasi pakan ternak, pertama adalah karung, yang kedua plastik pelapis karung yang tebal, ketiga adalah susu bubuk yang sudah kadaluarsa, yang mudah kita dapatkan di mini market atau dimapun yang mempunyai susu bubuk yang kadaluarsa.

    Setelah Peralatan sudah tersedia lalu yang harus kita lakukan adalah menyabit rumput, lalu masukan kedalam karung yang dilapisi dengan Plastik, Boleh Plastik dengan warna gelap atau hitan, dan bisa juga menggu kan plastik yang berwarna terang seperti yang saya pakai seperti gambar diatas.

    Setelah rumput dimasukan kedalam karung lalu taburi dengan bubuk susu yang kadaluarsa sebanyak 2 genggam, setelah itu ikat kuat - kuat jangan sampai ada udara atau angin bisa masuk, yanag akan mengurangi kualitas hasil pakan yang akan kita fermentasi. 

    Setelah 2 sampai 3 hari pakan telah siap untuk diberikan kepada ternak, aytau disimpan untuk jangka waktu yang lama. pakan ternak akan menjadi lebih harum yang akan menarik nafsu makan ternak kita.

    Nah demikian tadi Cara Mudah dan Praktis Menbuat Fermentasi Pakan Ternak Kambing Atau Sapi, bagaimana mudah dan praktiskan, ok selamat mencoba dan sampai jumpa dipostingan yang akan datang, salam Potret Pertanian.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini