-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Be-Bas Kendalikan Hama Penggerek Ubijalar

    Prasetyo Budi
    Minggu, Januari 29, 2017, Minggu, Januari 29, 2017 WIB Last Updated 2017-01-29T06:40:30Z


    masukkan script iklan disini
    Potret Pertanian -Be-Bas, hasil invensi Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Yusmani Prayogo, adalah formula biopestisida yang dikemas dalam bentuk tepung. Produk ini mengandung bahan aktif cendawan entomopatogen Beauveria bassiana yang berfungsi sebagai pembasmi hama tanaman.

    Bipestisida ini dikatakan memiliki sifat dapat membunuh stadia telur serangga, yang tidak dimiliki oleh insektisida kimia, karena membunuh stadia nimfa/larva dan imago, sementara stadia telur masih tetap bertahan.

    Be-Bas mengandung toksin atau metabolit yang menyebabkan kematian pada berbagai jenis serangga hama. Jenis toksin yang dihasilkan dari produk Be-Bas yaitu Beauvericin, Bassionalide, Bassiacridin, Beauverolide, Bassianin, Oosporein, dan Tenellin.

    Masing-masing jenis toksin mempunyai kemampuan dalam membunuh tiap jenis serangga inang.

    Pengujian aplikasi produk Be-Bas dengan berbagai metode aplikasi untuk mengendalikan hama penggerek umbi di lapangan dapat menekan kerusakan umbi hingga 90%.

    Uji coba dilakukan melalui lubang tanam, ditambah perendaman stek ubijalar selama 30 menit sebelum ditanam dan dilanjutkan aplikasi semprot mulai umur tanaman 2 minggu sampai 12 minggu dengan interval penyemprotan dua minggu dapat menekan kerusakan umbi hingga 90%


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini